:: Selamat Datang di Website Resmi Pusat Laboratorium Narkotika BNN ::
Menu
×
NPS (New Psychoactive Substances) Alert System
Oleh Rieska Dwi Widayati, S.Si, M.Si

NPS Alert System merupakan program aplikasi yang berupa sistem informasi mengenai NPS. Program aplikasi ini dibuat dengan latar belakang mendesaknya kebutuhan informasi terhadap perkembangan NPS yang saat ini sudah menyebar di seluruh dunia. Perkembangan NPS tersebut selain bertambah jumlahnya tiap tahun juga makin beragam jenisnya, sementara itu belum ada wadah informasi yang mampu menginformasikan secara berkelanjutan perkembangan NPS ini. Keprihatinan terhadap efek yang ditimbulkan dari bahaya pengunaan NPS ini mendorong adanya dibentuknya informasi yang dapat menginformasikan efeknya kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam merumuskan suatu kebijakan dalam penanganan NPS ini.

Di sisi lain Badan Narkotika Nasional dalam hal ini Pusat Laboratorium Narkotika BNN bertugas untuk melaksanakan pelayanan pengujian sampel narkoba dan pembentukan sistem informasi NPS ini dibuat berdasarkan kebutuhan untuk meningkatkan pelayanan pengujian narkoba pada Pusat Laboratorium Narkotika BNN khususnya yaitu pelayanan pengujian melalui proses laboratorium dari aspek Bahan dan Sediaan.

Lingkup pembahasan yang ada pada NPS Alert System ini terdiri dari beberapa materi, diantaranya jenis-jenis NPS, perkembangannya di dunia dan di Indonesia, publikasi riset-riset tentang NPS di dunia dan tabulasi sampel NPS yang diperiksa di Pusat Laboratorium Narkotika BNN. Selain itu pada NPS Alert System juga memuat beberapa artikel dan berita terbaru tentang NPS. Artikel dan berita terbaru tentang NPS dapat di update oleh tim yang ditunjuk dan diharapkan dapat membantu pihak-pihak yang berkepentingan dalam merumuskan kebijakan dalam penanganan NPS dan masyarakat yang membutuhkan informasi untuk menambah pengetahuan terkait NPS. Peraturan Menteri Kesehatan No. 50 Tahun 2018 tentang Perubahan Penggolongan Narkotika dapat dilihat Disini

DAFTAR ZAT NPS
Daftar Nama Zat NPS Yang Sudah Teridentifikasi di Indonesia
No Nama Kimia (IUPAC) Nama Umum Jenis Efek Peraturan