PERESMIAN LABORATORIUM NARKOTIKA BNN DAERAH SAMARINDA



 

Samarinda Pusat Laboratorium Narkotika Nasional kini memiliki laboratorium daerah di Samarinda, Kalimantan Timur. Peresmian laboratorium ini dilakukan pada Rabu, 9 November 2022 oleh Kepala BNN, Dr. Petrus Golose, yang didampingi oleh Gubernur Kalimantan Timur, Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si. dan Kepala Pusat Laboratorium Narkotika BNN, Ir. Wahyu Widodo, beserta para pejabat BNN dan pejabat setempat. Laboratorium ini dibangun di atas lahan seluas 1289,75 m2 dan berada di Kecamatan Tanah Merah, Samarinda. Laboratorium ini merupakan laboratorium narkotika keempat di Indonesia yang didirikan oleh BNN setelah Pusat laboratorium narkotika di Lido, Jawa Barat, laboratorium narkotika di Deli Serdang, Sumatera Utara, dan laboratorium narkotika di Baddoka, Sulawesi Selatan.

 

 

Adanya pembangunan Laboratorium Narkotika daerah di Kalimantan untuk menjangkau peredaran narkotika khusunya di wilayah Kalimantan, dimana NPS (new psychoactive substences) kian berevolusi dan semakin banyak jenisnya, motif pengedarannya dan dari jalur mana dia masuk ke Indonesia. Menurut Kepala BNN pendirian laboratorium ini selain diperlukan oleh penyidik untuk pro justitia juga dibutuhkan untuk melakukan deteksi terhadap adanya NPS yang beredar, khususnya di Kalimantan dan saat ini sebanyak 1127 NPS telah beredar di dunia dan 91 diantaranya telah masuk dan beredar di Indonesia. Sehingga penting memperbanyak mendirikan laboratorium narkotika di seluruh Indonesia.

 

Dalam sambutannya Kepala Pusat Laboratorium Narkotika menyampaikan bahwa pembangunan laboratorium narkotika daerah ini merupakan salah satu program prioritas nasional. Dalam program prioritas nasional menargetkan terbangunnya 5 laboratorium narkotika di Indonesia hingga tahun 2024. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan pemerataan jangkauan laboratorium narkotika yang efektif dan efisien guna mendukung percepatan program P4GN.






Watesjaya, Cigombong, Bogor, Jawa Barat
16110

Telpon :
081284283814

Product

Overview

Features

Tutorials

Pricing

Releases

Company

About

Press

Careers

Contact

Partners

Support

Help Center

Terms of Service

Legal

Privacy Policy

Status

Follow Us

Facebook

Twitter

Dribbble

Instagram

LinkedIn





SUBSCRIBE US

Kirim